Artikel ilmiah populer adalah dampak positif dari semakin majunya teknologi dan informasi. Membuat pengetahuan yang awalnya dirasa rumit menjadi mudah dipahami oleh publik adalah tujuan utamanya. Ada berbagai metode yang digunakan penulis dalam mengumpulkan data untuk menulis artikel ilmiah populer. Beberapa metode tersebut meliputi survei, observasi, eksperimen, studi kasus, dan lain sebagainya. Namun, tidak setiap metode kumpulan data dapat dianggap umum atau standar.

Metode yang tidak umum untuk mengumpulkan data dalam penulisan artikel ilmiah populer adalah:

Baca Artikel Lainnya  Beberapa Waktu yang Lalu, Ada Anggapan Pengawas Koperasi Memiliki Peran/Kewenangan yang Terlalu Luas. Mengapa Hal Tersebut Bisa Terjadi?

1. Menggunakan Informasi Pribadi Tanpa Izin

Mengumpulkan data dari individu tanpa meminta izin mereka adalah metode yang tidak etis dan dllakukan. Itu mencakup penggunaan informasi pribadi, mengambil foto tanpa persetujuan, atau melibatkan mereka dalam penelitian tanpa sepengetahuan mereka.

2. Plagiarisme Data

Menggunakan data atau informasi yang telah dipublikasikan oleh orang lain tanpa memberikan kredit atau referensi yang tepat juga merupakan cara yang tidak umum dan inkorrekt dalam mengumpulkan data. Plagiarisme adalah tindakan yang serius dan merendahkan dalam komunitas akademik dan penulis profesional.

Baca Artikel Lainnya  Pasar Bebas Menyebabkan Barang-Barang Impor Membanjiri Pasar Dalam Negeri. Akibatnya, Masyarakat Cenderung Konsumtif. Kondisi Tersebut Menunjukkan Perubahan Sosial Budaya yang Disebabkan oleh Apa?

3. Mengarang Data

Metode yang tidak umum dan tidak dapat diterima dalam pengumpulan data adalah mengarang data atau informasi. Kejujuran adalah hal yang sangat penting dalam penelitian dan penulisan artikel ilmiah. Mengarang data dapat merusak reputasi penulis dan membuat hasil penelitian atau artikel menjadi tidak valid dan tidak dapat dipercaya.

4. Menggunakan Metode Ilmiah yang Tidak Valid atau Usang

Penulis artikel ilmiah harus selalu menggunakan metode penelitian yang akurat dan valid. Menggunakan metode yang tidak valid atau usang tidak akan memberikan hasil yang akurat dan dapat merusak reputasi penulis.

Baca Artikel Lainnya  Darah yang Mengalir dalam Vena Tidak Dapat Mengalir ke Bagian Sebelumnya Karena Sepanjang Vena Terdapat Apa?

Penulisan artikel ilmiah populer bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan integritas yang tinggi dari penulis. Selalu pastikan untuk menggunakan metode pengumpulan data yang etis dan valid untuk memastikan kualitas dan integritas pekerjaan Anda.