Menu
Teknologi Aplikasi Terbaru

Trunking Adalah Sebuah Konsep Dimana Sistem Komunikasi Dapat Menyediakan Akses Jaringan Untuk Banyak …

  • Share

Trunking adalah konsep dalam sistem komunikasi yang memungkinkan akses ke jaringan untuk banyak pengguna dengan membagi satu set jalur atau frekuensi, bukan memberikan secara individu.

Trunking adalah teknologi yang dirancang untuk memberikan akses jaringan ke banyak klien sekaligus dengan membagi satu set sirkuit, operator, saluran, atau frekuensi. Trunking adalah sistem yang dirancang seperti pohon, dengan satu batang pohon yang melayani banyak cabang yaitu membagikan akses ke banyak pengguna sekaligus. Dengan kata lain, secara logis, setiap pengguna memiliki jalur komunikasi sendiri, tetapi secara fisik, jalur-jalur ini sebenarnya dibagikan di antara banyak pengguna.

Sistem komunikasi trunking mengikuti prinsip packet-switching computer network. Pengguna mengirim paket data ke komputer melalui frekuensi yang ditentukan, yang biasa disebut kanal kontrol, untuk meminta komunikasi pada grup bicara tertentu. Sistem ini memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses jaringan pada saat yang sama tanpa perlu memiliki jalur unik masing-masing. Teknik ini membuat penggunaan sumber daya lebih efisien dan mampu melayani banyak pengguna secara simultan.

Dalam sistem trunking, lebih banyak panggilan dapat dijalankan pada jumlah frekuensi yang lebih sedikit dibandingkan dengan sistem konvensional. Dengan kata lain, trunking mengoptimalkan penggunaan spektrum frekuensi. Hal ini menjadi penting dalam konteks komunikasi radio atau telekomunikasi di mana sumber daya dan bandwidth terbatas.

Trunking juga digunakan secara luas dalam sistem komunikasi telepon. Misalnya, trunk digunakan untuk menghubungkan pusat penyeberangan dalam sistem komunikasi. Trunk ini dapat membawa banyak sinyal sekaligus untuk menyediakan akses jaringan antara dua titik.

Secara keseluruhan, trunking adalah teknologi yang memungkinkan efisiensi dalam sistem komunikasi. Dengan memanfaatkan satu set jalur atau frekuensi yang dibagi, bukannya memberikan jalur atau frekuensi individu untuk setiap pengguna, sistem ini memungkinkan untuk menyediakan jaringan kepada jumlah pengguna yang lebih besar dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit, menjadikannya metode yang hemat biaya untuk mengoperasikan dan mempertahankan sistem komunikasi.

  • Share