Dalam ilmu fisika, terdapat dua unit pengukuran suhu yang umum digunakan, yaitu Celcius dan Kelvin. Termometer Celcius atau skala Celcius sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengukur suhu di sekeliling kita, sedangkan Kelvin digunakan dalam ilmu fisika dan kimia karena sifatnya yang absolut. Tidak ada suhu di bawah 0 Kelvin, hal ini berarti 0 Kelvin merupakan suhu terendah yang mungkin ada.

Baca Artikel Lainnya  Ketika Melakukan Gerakan Roll Depan, Bagian Tubuh yang Menyentuh Matras Terlebih Dahulu Yaitu…

Konversi suhu dari Celcius ke Kelvin merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami terutama bagi mereka yang belajar di bidang sains.

Setiap tingkatan dalam skala Kelvin sama dengan tingkatan yang sama dalam skala Celcius. Hal ini berarti bahwa selisih suhu 1 derajat Celcius sama dengan selisih suhu 1 Kelvin. Tetapi kedua skala ini dimulai dari angka yang berbeda: 0 Celcius sama dengan 273.15 Kelvin.

Baca Artikel Lainnya  Persamaan di Bidang Hukum dan Pemerintahan Bagi Setiap Warga Negara Tercantum dalam UUD 1945, Yaitu Pasal……

Berikut adalah rumus umum konversi suhu dari Celcius ke Kelvin:

    K = C + 273.15

Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat mengubah suhu Celcius menjadi suhu Kelvin. Jika suhu suatu zat menurut termometer Celcius adalah 27 derajat C, maka suhu tersebut menurut skala Kelvin dapat ditemukan dengan menggunakan rumus di atas. Substitusikan C dengan 27, kita mendapatkan:

    K = 27 + 273.15 = 300.15

Jadi, jika suhu suatu zat menurut termometer Celcius adalah 27 derajat C, maka menurut skala Kelvin suhu itu sama dengan 300.15 K.

Baca Artikel Lainnya  Kelengkapan Koleksi Buku Terbukti Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Perpustakaan: Antonim Kata “Meningkatkan” adalah…?