Sistem pemerintahan adalah sebuah cara atau metode di mana sebuah negara diatur dan dikelola. Di seluruh dunia, berbagai bentuk sistem pemerintahan telah berkembang dan berkembang sesuai dengan sejarah dan kebutuhan masyarakat mereka. Satu jenis sistem pemerintahan yang menghendaki kekuasaan tertinggi berada di tangan raja atau ratu dikenal sebagai monarki.

**Monarki** merupakan bentuk pemerintahan di mana seorang raja atau ratu (monark) memiliki kekuasaan tertinggi. Pelaksanaan kekuasaan dapat berbeda-beda tergantung pada peraturan konstitusional dari negara tersebut.

Jenis-jenis Monarki

Monarki dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sejauh mana raja atau ratu memegang kekuasan dalam pemerintahan:

  1. Monarki Absolut: Dalam monarki absolut, raja atau ratu memegang kekuasaan penuh atas pemerintahan. Mereka adalah penguasa tertinggi dan telah memiliki hak untuk membuat dan menegakkan hukum. Beberapa contoh termasuk Arab Saudi dan Brunei.
  2. Monarki Konstitusional: Dalam monarki konstitusional, kekuasaan raja atau ratu dibatasi oleh konstitusi. Meskipun mereka mungkin memiliki peran simbolis atau upacara, kekuasaan sebenarnya ada pada parlemen atau badan pemerintahan lainnya. Beberapa contoh termasuk Inggris dan Jepang.
Baca Artikel Lainnya  Kotoran Hewan dan Sisa-Sisa Tumbuhan Dapat Dimanfaatkan Menjadi Sumber Energi, Yaitu?

Kelebihan dan Kekurangan Monarki

Seperti semua bentuk pemerintahan, monarki memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihan utama adalah stabilitas yang mungkin diciptakan oleh seorang pemimpin yang ditunjuk seumur hidup. Sebaliknya, satu kekurangan utama adalah potensi penyalahgunaan kekuasaan dan kurangnya pilihan politik bagi rakyat.

Monarki menawarkan pandangan menarik tentang bagaimana kekuasaan dapat diterapkan dalam pemerintahan. Meskipun bentuk ini tampaknya kurang umum dalam dunia modern yang semakin demokratis, masih banyak negara yang mempertahankan struktur monarkis dalam sistem pemerintahan mereka.

Baca Artikel Lainnya  Koefisien Muai Panjang adalah Bilangan yang Menunjukkan Pertambahan Panjang Tiap Satuan Panjang Zat Jika