Ketika dua benda digosok bersama, terjadi transfer muatan elektrik dari satu objek ke objek lainnya. Kejadian ini dikenal sebagai elektrostatika. Dalam konteks soal ini, benda pertama adalah sisir plastik dan yang kedua adalah bulu kucing.

Untuk menjawab pertanyaan secara efektif, kami perlu memahami hukum dasar elektrostatika:

  1. Benda bermuatan akan menarik benda yang tidak bermuatan: Benda bermuatan negatif (seperti sisir yang sudah digosok) akan menarik benda-benda seringan yang tak bermuatan di sekitarnya.
  2. Muatan tidak dapat diciptakan atau dihancurkan, hanya dapat dipindahkan: Dalam kasus kita, ketika sisir digosok pada bulu kucing, elektron (yang membawa muatan negatif) dipindahkan dari bulu ke sisir. Karena itulah sisir menjadi bermuatan negatif.
  3. Benda dengan muatan yang sama saling tolak menolak: Ini berarti jika Anda memiliki dua sisir yang digosok dalam bulu kucing (maka kedua-duanya bermuatan negatif) dan anda mendekatkan kedua sisir tersebut, mereka akan saling tolak.
Baca Artikel Lainnya  Salah Satu Perbedaan Sistem Pemerintahan Indonesia Sebelum dan Sesudah Amandemen adalah Kedudukan MPR

Jadi, berdasarkan hukum-hukum di atas, pernyataan yang benar setelah sisir plastik digosok dalam bulu kucing dan menjadi bermuatan negatif adalah:

  1. Sisir plastik akan menarik objek yang tidak bermuatan di sekitarnya.
  2. Sisir plastik akan menolak objek lain yang bermuatan negatif, seperti sisir plastik lain yang juga digosok dalam bulu kucing.
  3. Bulu kucing kini kekurangan elektron, sehingga cenderung bermuatan positif (karena jumlah proton, yang membawa muatan positif, sekarang lebih banyak dibandingkan elektron).
Baca Artikel Lainnya  Berikut Ini Yang Merupakan Contoh dari Gelombang Longitudinal Adalah…

Mempahami konsep dasar elektrostatika ini penting untuk mengeksplorasi lebih jauh bagaimana benda-benda bermuatan interaksi dengan lingkungan sekitarnya.