Teori Dependensi merupakan salah satu teori yang banyak digunakan untuk menjelaskan perbedaan antara perkembangan dan kemajuan yang terjadi di negara maju dan negara berkembang. Menurut teori ini, kondisi ketergantungan ekonomi yang intens terhadap negara maju menjadi penghambat utama kemajuan di negara berkembang.

Dalam konteks ini, ada satu permasalahan utama yang cenderung mencegah negara berkembang untuk berkembang dan berkembang seperti yang dirumuskan dalam teori dependensi. Permasalahan tersebut adalah “Ketidakseimbangan Ekonomi Global.”

Ketidakseimbangan Ekonomi Global

Salah satu elemen penting dalam teori dependensi adalah pengakuan adanya ketidakseimbangan ekonomi global. Ini berarti bahwa negara-negara berkembang cenderung terperangkap dalam posisi yang sangat bergantung pada negara-negara maju, baik dalam hal impor, ekspor, investasi, hingga hutang luar negeri.

Baca Artikel Lainnya  Praduga Seorang Ilmuwan Terhadap Suatu Kasus yang Didasarkan pada Telaah Pustaka Disebut

Sebagian besar negara berkembang merasakan dampak dari struktur ini melalui siklus perdagangan yang tidak seimbang. Negara berkembang seringkali mengekspor komoditas primer dengan harga yang rendah dan mengimpor barang dan jasa dari negara maju dengan harga yang tinggi. Akibatnya, negara berkembang memiliki defisit perdagangan dan meningkatkan hutangnya.

Dampak dari Ketidakseimbangan ini

Dampak dari ketidakseimbangan ini sangat besar. Pertama, negara berkembang cenderung kehilangan kekayaan sumber daya alam mereka tanpa mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemajuan ekonomi atau sosial. Kedua, mereka menjadi sangat rentan terhadap fluktuasi harga komoditas dan kurang bisa merespons dengan efektif terhadap kejutan ekonomi eksternal.

Baca Artikel Lainnya  Mesin DeLonghi Termasuk ke Dalam Basic Kategori pada Food and Beverage Concept

Dan Yang ketiga, posisi mereka dalam ekonomi dunia menjadi terperiferal, seringkali dikaitkan dengan rendahnya investasi dalam penelitian dan pengembangan, rendahnya tingkat pendidikan, dan keterbatasan infrastruktur.

Sebagai solusi, negara berkembang perlu mengurangi ketergantungan ekonomi mereka terhadap negara maju, memperluas dan mendiversifikasi ekonomi mereka, menciptakan kondisi yang lebih baik untuk investasi lokal, meningkatkan pendidikan dan keterampilan pekerja mereka, dan berinvestasi dalam infrastruktur dan penelitian dan pengembangan.

Baca Artikel Lainnya  Mengapa Negara-Negara Sering Mengelompokkan Diri Mereka Dalam Blok Regional: Analisis Keuntungan dan Tantangan dalam Bisnis Internasional

Penutup

Jadi, salah satu permasalahan utama yang menghambat negara berkembang untuk bisa berkembang berdasarkan teori dependensi adalah ketidakseimbangan ekonomi global. Hanya dengan memahami dan berupaya mengatasi permasalahan ini, negara berkembang dapat mulai merintis jalan menuju pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.