Al hirabah merupakan kejahatan kriminal dalam hukum Islam yang melibatkan kekerasan, teror, dan ancaman terhadap keamanan masyarakat. Salah satu ciri khas dari al hirabah adalah bahwa pelaku dan juga korban adalah orang yang maksum darahnya. Maksum darah dalam konteks ini merujuk pada mereka yang memiliki perlindungan hukum atas dirinya serta memiliki hak untuk hidup dan bebas dari ancaman kekerasan.

Baca Artikel Lainnya  Pemuliaan Tanaman Bertujuan untuk Menyiapkan Bibit Tanaman Unggul, Apa Saja Tujuan dari Penyiapan Bibit Tanaman Unggul?

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian “maksum darah” dan bagaimana hal tersebut menjadi salah satu ciri dari al hirabah.

Mengurai Makna Maksum Darah

Secara bahasa, maksum darah berasal dari kata “maksum” yang artinya terpelihara atau terlindungi, dan “darah” yang merupakan simbol untuk kehormatan, kehidupan, dan hak asasi manusia. Dalam konteks al hirabah, maksum darah merujuk pada orang yang memiliki hak untuk hidup tanpa adanya ancaman kekerasan dan kejahatan.

Baca Artikel Lainnya  Ceritakan Secara Spesifik Situasi Pengalaman Anda Saat Bekerja Sama dengan Orang Lain yang Memiliki Beragam Perbedaan, Seperti Budaya, Cara Pandang, Latar Belakang, Pendidikan, Cara Berpikir, dll

Ini termasuk orang yang memiliki hak-hak hukum seperti melindungi subsidi, hak-hak ekonomi, dan hak politik. Selain itu, maksum darah juga mencakup mereka yang telah masuk dalam perjanjian atau persetujuan non-agresi dan perdamaian, seperti masyarakat yang terlibat dalam perjanjian jaminan keamanan atau mereka yang terlindungi oleh suatu perjanjian.

Al Hirabah dan Hubungannya dengan Maksum Darah

Sifat dari al hirabah itu sendiri adalah mengancam keamanan pu-=-=-=-=-=-=-=-=-

Baca Artikel Lainnya  Jika Sebuah Gugus Bintang yang Ditempuh dari Bumi Menggunakan Pesawat