Pertanggungjawaban merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam berbagai sistem pemerintahan, termasuk dalam sistem pemerintahan parlementer. Pada sistem ini, tanggung jawab utama diberikan kepada suatu entitas tertentu – dalam hal ini, kabinet pemerintahan. Namun, pertanggungjawaban kabinet dalam sistem pemerintahan parlementer ditunjukkan kepada siapa?

Dalam sistem pemerintahan parlementer, kabinet adalah kendaraan utama untuk pengambilan keputusan eksekutif. Kabinet, yang dipimpin oleh perdana menteri dan biasanya terdiri dari anggota parlemen yang ditunjuk, bertanggung jawab atas berbagai kebijakan dan inisiatif pemerintah. Namun, akuntabilitas tertinggi dari kabinet ini ditunjukkan kepada parlemen.

Baca Artikel Lainnya  Paru-Paru Berfungsi untuk Mengambil Oksigen dari Udara Kemudian Oksigen Akan Berdifusi ke Dalam Darah. Sehingga Paru-Paru Memiliki Karakteristik ….

Parlemen dalam konteks ini merupakan institusi demokratis yang menentukan aturan dan undang-undang dalam negara serta mengawasi pelaksanaan kebijakan oleh pemerintahan. Kabinet dalam sistem pemerintahan parlementer harus menjalankan program pemerintahan dalam kerangka hukum yang ditetapkan oleh parlemen dan, yang paling penting, harus bertanggung jawab kepada parlemen.

Artinya, jika kabinet membuat keputusan atau menerapkan kebijakan yang tidak sesuai dengan aturan atau undang-undang yang ditetapkan oleh parlemen, kabinet tersebut dapat diberhentikan atau dipaksa untuk mengundurkan diri. Ini dikenal sebagai mekanisme mosi tidak percaya, di mana parlemen bisa memaksa perubahan kepemimpinan jika mereka merasa bahwa kabinet bertindak tanpa pertanggungjawaban yang memadai.

Baca Artikel Lainnya  Komponen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan yang Perlu Ditinjau Setiap Tahun

Pada dasarnya, tanggung jawab utama kabinet adalah kepada rakyat yang mereka wakili, namun dalam konteks sistem pemerintahan parlementer, rakyat tersebut diwakili oleh parlemen. Dengan demikian, pertanggungjawaban kabinet dalam sistem pemerintahan parlementer ditunjukkan kepada parlemen, mewakili pemegang kedaulatan tertinggi dalam sistem demokrasi – rakyat.