Pancasila sebagai dasar filosofis negara Indonesia memiliki nilai-nilai yang sangat penting dan fundamental bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai tersebut terkandung dalam lima sila Pancasila yang tersurat dalam pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Keberadaan Pancasila dalam UUD 1945 menunjukan bahwa Pancasila merupakan tertib hukum tertinggi dalam negara Republik Indonesia dan merupakan pokok kaidah negara yang fundamental. Nilai-nilai ini perlu dijabarkan dalam suatu sistem norma demi menjaga kedamaian dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Nilai-Nilai Pancasila dan Implementasinya dalam Sistem Norma

Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa. Nilai yang terkandung dalam sila ini adalah kepercayaan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sila ini dijabarkan dalam sistem norma dengan menegakkan hukum yang menganut asas keadilan yang berdasarkan pada kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Artikel Lainnya  Laporan Keuangan yang Harus Disusun oleh Pihak Perusahaan Sesuai dengan Ketentuan PSAK Yaitu

Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Nilai yang terkandung dalam sila ini adalah toleransi dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila ini dijabarkan dalam sistem norma dengan penegakan hukum yang tidak pandang bulu, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Sila Ketiga: Persatuan Indonesia. Nilai yang terkandung dalam sila ini adalah persatuan dan kebersamaan. Dalam sistem norma, sila ini dijabarkan dengan peraturan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melawan segala bentuk gesekan dan perpecahan.

Baca Artikel Lainnya  Berdasarkan Hasil Kongres Pemuda I, Semua Organisasi Kepemudaan Dilebur dalam Satu Wadah Organisasi dengan Nama …

Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Nilai yang terkandung dalam sila ini adalah partisipasi aktif rakyat dalam pemerintahan dan kebijakan negara. Sila ini dijabarkan dalam sistem norma dengan pembuatan peraturan yang melibatkan partisipasi masyarakat dan perwakilan rakyat.

Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Nilai yang terkandung dalam sila ini adalah keadilan dan kesejahteraan sosial. Sila ini dijabarkan dalam sistem norma dengan penentuan hukum dan kebijakan yang mendorong distribusi kekayaan yang merata dan peningkatan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Artikel Lainnya  Dari ketiga bentuk proposisi majemuk diatas, manakah proposisi yang sering anda gunakan? Mengapa demikian?

Dengan demikian, nilai-nilai Pancasila dijabarkan menjadi sistem norma yang berlaku di Republik Indonesia untuk menjaga ketertiban dan kedaulatan bangsa, serta meningkatkan kesejahteraan hidup rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.