Perbedaan dalam pengukuran suhu antara sistem Celsius dan Fahrenheit dapat membuat kita bingung. Namun, konversi antara sistem ini sebenarnya cukup sederhana. Pada termometer Celsius, titik didih air adalah 100°C. Namun, bagaimana dengan skala Fahrenheit? Berapa nilai titik didih air dalam sistem Celsius jika diukur dengan termometer Fahrenheit?

Konversi Celsius ke Fahrenheit

Konversi suhu dari Celsius ke Fahrenheit dapat dilakukan dengan menggunakan rumus matematika berikut:

Baca Artikel Lainnya  Beberapa Sosiolog Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat sebagai Bagian dari Peran Sosiolog

F = C * 9/5 + 32

Di mana:

  • F adalah suhu dalam Fahrenheit,
  • C adalah suhu dalam Celsius.

Menghitung Titik Didih Air dalam Fahrenheit

Mari kita aplikasikan rumus tersebut untuk menghitung titik didih air dalam Fahrenheit.

Titik didih air dalam Celsius adalah 100°C. Maka,

F = 100 * 9/5 + 32 F = 180 + 32 F = 212

Jadi, titik didih air dalam skala Fahrenheit adalah 212°F.

Baca Artikel Lainnya  Kerusakan Lapisan Ozon adalah Salah Satu Dampak dari Efek Rumah Kaca yang Dapat Ditangani dengan Cara…?

Ini berarti bahwa pada suhu dan tekanan standar, air akan mendidih pada suhu 212 derajat Fahrenheit. Penting untuk diingat bahwa nilai ini dapat berubah tergantung pada ketinggian dan tekanan atmosfer.

Kesimpulan

Sebagai penutup, penting untuk diingat bahwa konsep-konsep seperti titik didih air sangat bergantung pada sistem yang kita gunakan untuk mengukur suhu – dalam hal ini, Celsius atau Fahrenheit. Konversi antara sistem ini bukanlah tugas yang sulit, dan hanya membutuhkan pemahaman yang baik tentang rumus-rumus yang relevan.

Baca Artikel Lainnya  Rakyat Ikut Disertakan Secara Aktif Didalam Perekonomian, Hal Itu Merupakan Cirri-Cirri Sistem Ekonomi