Otot jantung, juga dikenal sebagai miokardium, merupakan bagian yang sangat krusial dalam tubuh manusia. Otot ini memiliki fungsi yang sangat spesifik: memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Untuk menjalankan fungsinya itu, otot jantung harus bekerja secara ritmik dan konstan. Untuk bisa bekerja secara efektif, otot jantung memerlukkan pasokan oksigen dan nutrisi penting yang cukup.

Kebutuhan Oksigen dan Zat Makanan oleh Otot Jantung

Pertama, mari kita bahas tentang oksigen. Oksigen sangat penting bagi fungsi semua jaringan dalam tubuh kita, termasuk otot jantung. Oksigen digunakan dalam proses metabolisme sel di mana nutrisi diubah menjadi energi. Tanpa oksigen yang cukup, proses metabolisme ini tidak bisa berjalan dengan baik, sehingga otot jantung tidak dapat berfungsi dengan baik.

Baca Artikel Lainnya  Mengapa Khusus Pasal Mengenai Bentuk NKRI Tidak Dapat Dilakukan Perubahan?

Zat makanan atau nutrien yang dimaksud mencakup semacam gula yang disebut glukosa, asam amino dari protein, dan asam lemak dari lemak. Nutrisi ini digunakan oleh sel-sel otot jantung untuk menghasilkan energi melalui proses yang dikenal sebagai respirasi sel. Namun, pemanfaatan nutrisi ini tidak akan efektif tanpa keberadaan oksigen. Oleh sebab itu, pasokan oksigen dan nutrisi harus seimbang.

Baca Artikel Lainnya  Hak Asasi Manusia adalah Seperangkat Hak yang Melekat pada Diri Manusia sebagai Makhluk Tuhan yang Maha Esa dan merupakan Anugerah-Nya yang Wajib Dihormati, Dijunjung Tinggi, dan Dilindungi oleh Negara, Hukum, Pemerintah, dan Setiap Orang demi Kehormatan serta Perlindungan Harkat dan Martabat Manusia, adalah Pengertian…

Strategi Tubuh dalam Memasok Oksigen dan Zat Makanan ke Otot Jantung

Bagaimana tubuh memastikan suplai oksigen dan nutrisi ini mencapai otot jantung? Jawabannya adalah melalui sistem sirkulasi darah.

Sistem sirkulasi manusia adalah sistem tertutup, artinya darah tidak meninggalkan jaringan pembuluh darah. Otot jantung memompa darah, yang mengandung oksigen dan nutrisi, ke tubuh melalui arteri. Arteri membagi-bagi menjadi arteriol dan kapiler yang menjangkau hampir setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otot jantung.

Pada level kapiler, oksigen dan nutrisi ditransfer dari dalam darah ke sel-sel yang membutuhkannya. Sementara itu, produk limbah metabolisme sel, seperti karbondioksida, diangkut balik ke dalam darah untuk dibuang.

Baca Artikel Lainnya  Arti dari “I Love You To The Moon And Back To Infinity And Beyond Forever And Ever”

Khusus untuk otot jantung, terdapat arteri koroner yang bertugas memberi pasokan darah bertekanan tinggi ke otot jantung, memastikan sel-sel otot jantung mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup.

Dengan demikian, tubuh memastikan bahwa otot jantung – organ yang sangat krusial ini – mendapatkan pasokan oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan untuk berfungsi secara maksimal dan terus memompa darah ke seluruh bagian tubuh.