Induksi elektrostatis adalah fenomena fisika yang terjadi ketika sebuah benda netral didekatkan dengan benda bermuatan. Benda netral adalah benda yang memiliki total muatan listrik seimbang, yaitu jumlah muatan positif dan negatif dalam benda tersebut sama banyak sehingga totalnya menjadi nol.

Saat benda benda netral didekatkan dengan benda yang bermuatan positif, terjadi perpindahan elektron. Ini dikarenakan adanya gaya tarik-menarik antara muatan-muatan yang berlawanan dan gaya tolak-menolak antara muatan yang sejenis.

Baca Artikel Lainnya  Salah Satu Ciri yang Menonjol dalam Penelitian dengan Pendekatan Kualitatif

Berikut adalah penjelasan tentang muatan listrik yang terjadi di ujung-ujung benda netral saat didekatkan dengan benda bermuatan positif:

Ujung Yang Dekat dengan Benda Bermuatan Positif

Pada ujung benda netral yang didekatkan dengan benda bermuatan positif, akan terjadi akumulasi elektron. Kumpulan elektron ini dipindahkan dari bagian lain dari benda karena ditarik oleh muatan positif pada benda tersebut.

Dengan demikian, ujung benda netral yang didekatkan ke benda bermuatan positif akan menjadi bermuatan negatif. Hal ini terjadi karena jumlah elektron (muatan negatif) di bagian ini lebih banyak daripada jumlah proton (muatan positif).

Baca Artikel Lainnya  Zat Makanan yang Jika Kadarnya dalam Darah Menurun Menyebabkan Timbulnya Rasa Lapar

Ujung Yang Jauh dari Benda Bermuatan Positif

Sebaliknya, ujung benda netral yang berada jauh dari benda bermuatan positif, jumlah muatan negatif (elektron) berkurang sebab banyak yang berpindah ke ujung yang dekat dengan benda bermuatan positif tadi. Hal ini membuat ujung benda ini menjadi bermuatan positif karena jumlah proton (muatan positif) di bagian ini lebih banyak daripada jumlah elektron (muatan negatif).

Baca Artikel Lainnya  Apa Yang Kamu Lakukan Ketika Melihat Orang Islam yang Perilakunya Tidak Sesuai Dengan Apa yang Ada dalam Ajaran Islam?

Inilah yang dicerminkan dalam proses induksi elektrostatis ketika benda netral didekatkan dengan benda bermuatan. Jadi, bila ditanya tentang muatan listrik yang terjadi di ujung-ujung benda netral saat didekatkan dengan objek yang bermuatan positif, jawabannya adalah ujung yang dekat menjadi bermuatan negatif dan ujung yang jauh menjadi bermuatan positif karena adanya perpindahan dan redistribusi muatan-muatan dalam benda tersebut.