Seorang murid kelas 11 memilih untuk berbicara dengan seorang guru BK tentang rencana pendidikan tingginya. Dia berniat meneruskan kuliah di jurusan mikrobiologi dan dengan bantuan gurunya, dia menyusun rencana belajar dan kunjungan virtual ke kampus-kampus yang menawarkan program mikrobiologi. Dia juga meminta kesediaan gurunya untuk hadir jika dia membutuhkan dukungan moral. Ini adalah contoh yang luar biasa dari keterampilan yang dia tunjukkan, namun soal ini menanyakan keterampilan apa yang paling mencerminkan perencanaan murid tersebut.

Baca Artikel Lainnya  Kegiatan Penciptaan, Pengubahan, Atau Penambahan Nilai Guna Suatu Barang Disebut…

Berdasarkan kejadian itu, terdapat beberapa keterampilan yang tampak dalam situsai ini:

Keterampilan Perencanaan

Pertama dan terutama adalah perencanaan belajar dan pengejaran pendidikan tinggi, ini menunjukkan kemampuan yang baik dalam perencanaan. Menyusun rencana belajar adalah tugas yang memerlukan pemahaman tentang waktu, prioritas, dan tujuan belajar. Selain itu, merencanakan kunjungan virtual ke kampus adalah langkah yang melibatkan penelitian institusi pendidikan, pengumpulan data tentang program mereka, dan mengevaluasi mana yang sesuai dengan tujuan mereka.

Baca Artikel Lainnya  Komponen Jaringan Komputer yang Berfungsi Memperkuat Sinyal dengan Cara Menerima Sinyal dan Suatu Segment Kabel Lalu Memancarkan Kembali Sinyal tersebut dengan Kekuatan yang Sama dengan Sinyal Aslinya pada Segment Kabel Lain adalah…

Keterampilan Manajemen Waktu

Implementasi rencana belajar dan penjadwalan kunjungan ke kampus memerlukan manajemen waktu yang baik. Keterampilan ini merujuk pada kemampuan seseorang untuk mengatur dan membagi waktunya dengan efisien dan efektif antara berbagai aktivitas yang perlu dikerjakan.

Keterampilan Komunikasi

Murid tersebut meminta gurunya untuk memberikan dukungan jika dia membutuhkan motivasi, ini mencerminkan keterampilan komunikasi yang baik. Komunikasi yang efektif melibatkan kemampuan untuk mengungkapkan diri, mengartikulasikan pikiran dan perasaan, dan meminta bantuan jika diperlukan.

Baca Artikel Lainnya  Sesampainya di sekolah, Raihan selalu orang yang pertama untuk menyiapkan tempat sholat untuk teman-teman dan guru-gurunya. Apabila lantainya kotor, ia bersihkan dengan cara menyapu dan mengepel. Hal tersebut ia lakukan tanpa pamrih dan ikhlas, karena ia percaya bahwa setiap perilaku yang dia lakukan tidak ada yang sia-sia. Perilaku yang dilakukan Raihan merupakan salah satu perilaku …

Namun, jika ditinjau kembali pertanyaan tersebut, keterampilan yang paling mencerminkan perencanaan murid ini adalah keterampilan perencanaan. Perencanaan adalah kunci sukses dalam setiap upaya dan dalam hal ini, murid tersebut melakukan perencanaan yang cermat dan rinci untuk mendapatkan pendidikan yang dia inginkan. Ini mencakup segalanya, mulai dari rencana belajar, penelitian institusi, hingga meminta dukungan emosional jika diperlukan. Sehingga, perencanaan adalah keterampilan yang paling ditonjolkan dalam skenario ini.