Perundungan atau bullying merupakan suatu tindakan yang tidak layak dan harus dihentikan. Namun, apakah membicarakan teman dan menjauhinya termasuk dalam kategori perundungan? Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama-tama, kita harus memahami apa itu perundungan dan contoh-contoh tindakannya.

Secara definisi, perundungan adalah perilaku agresif yang terjadi berulang-ulang dan bertujuan merugikan individu lain secara fisik, emosional, atau psikologis. Perundungan dapat melibatkan berbagai tindakan seperti ejekan, pengucilan sosial, intimidasi, hingga tindak kekerasan fisik.

Situasi yang spesifik, yaitu membicarakan teman (biasanya dalam konteks negatif) dan kemudian menjauhinya, dapat masuk dalam kategori perundungan apabila hal tersebut memenuhi kriteria-kriteria yang sudah disebutkan sebelumnya. Tindakan tersebut bisa disebut perundungan jika dilakukan berulang kali, memiliki niat untuk menyakiti atau merugikan teman tersebut, dan berakibat pada distress emosional bagi individu yang menjadi sasaran.

Baca Artikel Lainnya  Dampak Negatif dari Perubahan Sosial yang Disebabkan oleh Berkembangnya Teknologi di Desa

Jika membicarakan teman ini dilakukan dalam bentuk gosip jahat atau pencemaran nama baik, dan menjauhinya berarti pemutusan hubungan sosial yang dijalankan oleh sekelompok orang untuk mengisolasi individu tersebut, maka bisa jadi ini adalah bentuk dari perundungan psikologis atau perundungan sosial.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa setiap kali kita menjauh dari seseorang atau membicarakan tentang teman berarti kita melakukan perundungan. Setiap situasi memiliki konteks dan nuansa yang berbeda. Jangan lupa, dalam banyak kasus, menjaga jarak merupakan bagian penting dari penjagaan keseimbangan mental dan emosional kita. Sama halnya dengan membicarakan masalah kita pada orang lain, kadang hal ini dilakukan bukan untuk merugikan, namun untuk mendapatkan dukungan dan pengertian.

Baca Artikel Lainnya  Hasil Penelitian Pada Hakekatnya Bermanfaat Bagi Kehidupan Manusia: Hal Tersebut Karena Hasil Penelitian Dapat Apa?

Pada akhirnya, penting untuk selalu bertindak dengan rasa empati dan pengertian terhadap sesama. Jika ada keraguan tentang apakah suatu tindakan dapat dicap sebagai perundungan atau tidak, tanyakan pada diri sendiri, apakah tindakan ini merugikan orang lain? Apakah ini dilakukan berulang kali? Jika jawabannya ya, maka kemungkinan besar itu adalah perundungan. Mari kita ciptakan lingkungan yang aman dan positif satu sama lain.

Baca Artikel Lainnya  Pada Dasarnya Tinggi Net untuk Bola Voli Putri Adalah