Perang bagaikan lentera di tengah kegelapan, tampak mengerikan dan menakutkan namun memberikan penerangan yang dibutuhkan. Salah satu perwujudan perjuangan terjadi ketika Pak Dirman, seorang pemimpin pasukan gerilya, memberikan segalanya untuk mendorong masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Terlepas dari kondisi kesehatannya yang membatasi, dia berjuang dengan penuh semangat dan tekad. Artikel ini akan membantu menjawab pertanyaan- “Latar waktu yang tampak pada penggalan teks cerita sejarah tersebut adalah………?”

Baca Artikel Lainnya  Hak untuk Mendirikan Organisasi Kemasyarakatan Merupakan Hak Warga Negara Dalam Aspek

Pada akhir penjajahan Belanda di Indonesia, pergerakan kemerdekaan melahirkan pahlawan seperti Pak Dirman. Dia adalah simbol perjuangan dan semangat yang tidak gentar oleh tantangan. Meski diterjang oleh penyakit parah – TBC dan hanya satu paru-paru yang berfungsi, Dirman tetap mampu memimpin pasukan gerilya dalam perjuangan mereka. Ia bahkan memberikan perintah kepada istrinya agar menjual perhiasannya guna mendanai perjuangan mereka.

Pasukan gerilya, walaupun hanya memiliki persenjataan seadanya, berperang melawan kolonial Belanda dengan alat perang yang modern dan didukung oleh kekuatan laut dan udara. Strategi mereka adalah taktik hit and run (menyerang dan mundur) yang terbukti ampuh dalam merontokkan moral musuh.

Baca Artikel Lainnya  Pancasila Sebagai Dasar Negara yang Termuat dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Ditetapkan Secara Hukum Konstitusional pada Tanggal…

Dalam menentukan latar waktu dari penggalan teks ini, kita perlu melihat konteks dalam perjuangan ini terjadi. Masa ini adalah saat Indonesia dalam perjuangan untuk merdeka. Berdasarkan peristiwa dan kondisi yang diceritakan, bisa diperkirakan bahwa latar waktu penggalan teks ini adalah sekitar periode tahun 1945-1949. Periode ini adalah fase krusial perlawanan Indonesia terhadap penjajahan Belanda yang dikenal sebagai masa Agresi Militer Belanda.

Baca Artikel Lainnya  Unsur Gas yang Terdapat di Bumi dan Terkandung dalam Jumlah yang Paling Besar dalam Atmosfer Bumi

Semoga artikel ini membantu menjawab pertanyaan Anda. Jangan lupa, sejarah adalah sejumlah kisah dari masa lalu yang memberikan kita pembelajaran untuk masa kini dan masa depan. Mari kita belajar dari pahlawan-pahlawan kita.