Embedding dan linking adalah dua cara yang efektif untuk membantu pengguna menerapkan informasi dari satu sumber ke aplikasi atau dokumen lain. Keduanya berfungsi sama – membantu Anda dalam menyertakan data atau informasi dari file eksternal ke dalam dokumen aktif Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk mempersiapkan penggunaan embedding atau linking. Akan dijelaskan bagaimana cara memulai dengan mengklik pada menu ‘Insert’ lalu memilih pilihan yang relevan.

Step 1: Memahami Perbedaan Antara Embedding dan Linking

Pada dasarnya, embedding dan linking adalah cara untuk memasukkan objek (misalnya, grafik, tabel, teks, dll.) dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

  • Embedding: Ketika Anda melakukan embedding, salinan objek yang ditanamkan disimpan dalam file tujuan. Apapun yang terjadi pada file aslinya tidak mempengaruhi objek yang ditanamkan.
  • Linking: Linking membuat link ke file asli. Perubahan apa pun yang dibuat pada file asli akan tercermin dalam link.
Baca Artikel Lainnya  Potensi yang Dimiliki Indonesia sebagai Dampak Positif dari Letak Geologis Indonesia

Step 2: Mengakses Menu Insert dalam Aplikasi Anda

Dalam banyak aplikasi, termasuk Microsoft Word dan PowerPoint, Anda dapat memasukkan file atau link ke file lain melalui menu ‘Insert’. Biasanya, ini berada di bagian atas layar Anda dalam baris perintah.

Step 3: Memilih Opsi yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Setelah membuka menu ‘Insert’, Anda harus memilih antara ‘Link’ atau ‘Object’.

  • Link: Jika Anda ingin objek sepenuhnya mencerminkan file asli setiap saat, Anda harus memilih opsi ‘Link to File’. Ini juga berguna jika file asli diperbarui secara teratur dan Anda tidak ingin terus menerus memperbarui file tujuan.
  • Object: Jika Anda tidak menginginkan perubahan pada file asli untuk mempengaruhi file tujuan, atau Anda ingin memastikan bahwa objek akan tetap ada bahkan jika file asli dihapus, Anda harus memilih ‘Embed a File’. Anda juga mendapat pilihan untuk ‘Create from File’ atau ‘Create New’; pilihlah yang paling relevan.
Baca Artikel Lainnya  Tersedianya Alat Transportasi yang Memadai Walau Sewa Termasuk Bagian

Step 4: Mengikuti Petunjuk Selanjutnya

Setelah memilih ‘Link to File’ atau ‘Embed a File’, ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses. Anda mungkin diminta untuk mencari file asli atau menentukan bagaimana link atau objek ditampilkan.

Ingatlah bahwa pemahaman akan konsep ini dapat membantu Anda memaksimalkan efisiensi dan efektivitas kerja sehari-hari Anda. Keduanya memiliki manfaat dan kegunaan mereka sendiri, jadi gunakanlah keduanya sesuai keperluan.

Baca Artikel Lainnya  Pasukan Belanda Pertama Kali Mendarat di Indonesia di Bawah Pimpinan Siapa?