Pada sistem penginderaan jarak jauh (remote sensing), berbagai komponen saling bekerja sama untuk merambatkan panjang gelombang dan melanjutkan energi. Ketika kita membahas komponen yang secara khusus dirancang untuk merambatkan panjang gelombang dan melanjutkan energi, kita merujuk pada Antena.

Apa Itu Antena?

Antena adalah komponen penting dalam sistem penginderaan yang berfungsi untuk mengirim dan menerima sinyal elektromagnetik. Antena merambatkan panjang gelombang dengan cara menerima sinyal elektromagnetik, merubahnya menjadi sinyal listrik, kemudian mengirimkannya ke receiver atau penerima. Sebaliknya, antena juga mampu menerima sinyal listrik dari transmitter atau pengirim dan merubahnya kembali menjadi sinyal elektromagnetik yang kemudian merambat melalui udara atau ruang.

Baca Artikel Lainnya  Proses Belajar Mengenai Nilai Dan Norma Sosial Yang Ada Di Dalam Masyarakat Disebut Apa?

Bagaimana Antena Bekerja?

Sebuah antena memancarkan energi elektromagnetik ke ruang sekitarnya ketika arus listrik mengalir melaluinya. Antena memiliki kelebihan dalam memanipulasi dan memandu gelombang elektromagnetik yang mengalir dalam strukturnya. Oleh karena itu, antena dapat merambatkan gelombang dengan arah, panjang gelombang, dan intensitas tertentu berdasarkan desain dan konfigurasinya.

Fungsi Antena dalam Penginderaan Jarak Jauh

Dalam konteks penginderaan jarak jauh, antena memainkan peran penting dalam perambatan dan penerimaan sinyal. Antena di satelit penginderaan jarak jauh merambatkan panjang gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh transmitter ke Bumi. Setelah memantulkan atau diserap oleh objek di permukaan Bumi, energi ini kemudian diterima kembali oleh antena dan diteruskan ke sistem pengolahan data untuk dianalisis.

Baca Artikel Lainnya  Kisah Nyata tentang Runtuhnya Karir Seseorang Disebabkan Penggunaan Medsos yang Salah dan Apa Saja Pelajaran yang Kalian Ambil?

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa antena adalah komponen penginderaan yang berfungsi untuk merambatkan panjang gelombang dan dapat melanjutkan energi. Melalui desain dan konfigurasi yang tepat, antena dapat memenuhi berbagai kebutuhan dalam aplikasi penginderaan jarak jauh.