Masyarakat manusia sangatlah unik dan rumit, serupa namun tak sama di berbagai belahan dunia. Karakteristik inilah yang memberikan keragaman dan kekayaan pada budaya dan cara hidup global kita. Dalam berbagai ilmu sosial, istilah khusus digunakan untuk menggambarkan keseluruhan cara hidup masyarakat yang perwujudannya tampak pada tingkah laku para anggotanya. Dalam konteks ini, istilah yang tepat adalah “budaya”.

Budaya: Gaya Hidup Masyarakat yang Termanifestasi

Budaya adalah sistem simbolik, makna, dan norma yang dibagikan oleh sekelompok orang yang membentuk cara pandang dan tindakan mereka. Budaya adalah “cara hidup” untuk sekelompok orang. Hal tersebut mencakup segala sesuatu dari bahasa, agama, nilai, tatakrama, tradisi, hingga praktik sehari-hari yang tampak dalam tingkah laku anggota-anggota masyarakat.

Baca Artikel Lainnya  Diketahui Lingkaran Dengan Jari-Jari 21 cm, Tentukan Keliling Lingkaran Tersebut

Dalam konteks lebih luas, budaya bukan hanya tentang kebiasaan atau tradisi sehari-hari, melainkan juga melibatkan cara pikir dan memandang dunia. Budaya mencangkup pengetahuan, keyakinan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan semua kemampuan dan kebiasaan lain yang diperoleh oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Dua Bagian Utama Budaya: Budaya Nyata dan Budaya Ideal

Budaya bisa dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu budaya nyata dan budaya ideal.

  • Budaya Nyata: Ini adalah budaya yang tercermin dari perilaku nyata atau aktual dari masyarakat. Budaya nyata bisa dilihat dan diamati dari luar. Contohnya termasuk pembuatan pakaian, cara makan, upacara adat, dan tindakan sehari-hari lainnya.
  • Budaya Ideal: Ini adalah budaya yang tercermin dari sistem nilai dan norma yang ada dalam pikiran anggota masyarakat. Seringkali, budaya ideal ini menjadi pedoman atau standar tindakan bagi anggota masyarakat. Contohnya termasuk prinsip moral, hukum, dan cara berfikir yang dianut oleh masyarakat.
Baca Artikel Lainnya  Sebutkan Faktor-Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Munculnya Pergerakan Nasional Indonesia

Pentingnya Budaya dalam Masyarakat

Pentingnya budaya dalam masyarakat bukanlah hal yang bisa diremehkan. Budaya membantu menciptakan identitas grup, merasa termasuk, dan memahami dunia sekitar. Setiap anggota masyarakat biasanya menginternalisasi budaya mereka sendiri dan cara hidup ini membentuk cara mereka berinteraksi, berpikir, dan bahkan berperasaan.

Budaya juga merupakan bagian penting dalam membentuk struktur sosial dan politik masyarakat, mempengaruhi hubungan antargrup, tugas dan peran, serta hukum dan aturan yang membentuk cara hidup mereka.

Baca Artikel Lainnya  Bumi Diciptakan dalam Proses yang Cukup Lama hingga Stabil dan Mengalami Proses Penyempurnaan dengan Berbagai Fenomena Alam di Setiap Pembagian Zamannya dalam Pembentukan Bumi: Bagaimana Ciri-Ciri dari Zaman Hidup Baru atau Neozoikum?

Mengingat peran penting budaya ini, penting juga bagi kita untuk menghargai dan memahami budaya orang lain. Budaya beragam dan dinamis, mencerminkan adaptasi dan inovasi manusia terhadap lingkungan dan kondisi mereka.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan cara hidup masyarakat yang perwujudannya tampak pada tingkah laku para anggotanya disebut budaya.