Kepala Polri, atau kependekan dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia, merupakan jabatan tertinggi di institusi kepolisian di Indonesia. Kapolri bertanggung jawab langsung kepada Presiden melalui Menteri di bidang politik, hukum, dan keamanan. Dalam konteks pemerintahan sekarang, yakni pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amien, mari kita bahas siapa saat ini yang menjabat posisi ini.

Baca Artikel Lainnya  Menyampaikan Ajaran Nasihat Mengajak Seseorang untuk Melakukan Kebaikan Disebut Apa?

Sejak 16 Desember 2020, posisi Kapolri dijabat oleh Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Beliau adalah Kapolri ke-25 yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo, menggantikan posisi sebelumnya yang dijabat oleh Jenderal Polisi Drs. Idham Azis.

Listyo Sigit Prabowo lahir di Ambon, Maluku, 5 Mei 1969 dan merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1991. Sebelum menjadi Kapolri, beliau sempat menjabat di beberapa posisi penting, antara lain Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Kabareskrim Polri, dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

Baca Artikel Lainnya  Tunjukkan Salah Satu Bukti Bahwa Pancasila Menjadi Sumber Kekuatan Bagi Bangsa Indonesia Dalam Menghadapi Perkembangan Zaman

Periode kepemimpinannya sebagai Kapolri berfokus pada berbagai inovasi dan perubahan dalam bidang penegakan hukum dan kebijakan publik, termasuk penerapan teknologi dalam sistem kepolisian dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Maka, jawaban untuk pertanyaan dalam judul adalah Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.