Menu
Teknologi Aplikasi Terbaru

Jika Usus Besar Mengalami Infeksi Bakteri Dan Menyebabkan Terganggunya Proses Penyerapan Air Sehingga Feses

  • Share

Usus besar, atau juga dikenal sebagai kolon, memiliki fungsi penting dalam sistem pencernaan manusia. Salah satunya adalah untuk menyerap air dan beberapa nutrisi yang belum diserap oleh usus kecil. Infeksi bakteri di usus besar dapat menimbulkan berbagai gangguan, termasuk diare yang merupakan buang air besar dengan tekstur feses lebih cair dari biasanya.

Infeksi usus besar, atau dikenal juga sebagai kolitis, dapat disebabkan oleh berbagai jenis bakteri, virus, atau parasit. Pada kasus diare akibat infeksi bakteri di usus besar, keseimbangan mikroorganisme sehat dalam tubuh bisa terganggu, yang berakhir pada proses penyerapan cairan yang tidak efisien dan menjadi kurang tepat. Proses penyerapan air yang tidak efektif ini lah yang lantas mengarah ke konsistensi feses yang lebih cair atau likuid.

Diare, sebagai gejala dari infeksi usus besar ini, memiliki sejumlah dampak pada kesehatan manusia. Yang paling umum adalah dehidrasi. Dehidrasi bisa berakibat fatal, terutama pada anak-anak maupun orang dewasa yang berusia lanjut. Penurunan berat badan juga bisa terjadi akibat kurangnya nutrisi yang diserap oleh tubuh. Ini karena proses penyerapan air dan nutrisi oleh usus besar terganggu akibat infeksi.

Infeksi bakteri di usus besar juga bisa memicu peradangan yang kemudian bisa mengembangkan diri menjadi berbagai kondisi medis serius, seperti penyakit inflamasi usus (IBD), colitis ulserativa, atau penyakit Crohn. Ketiga kondisi ini umumnya berujung pada gejala-gejala yang cukup menganggu, seperti nyeri abdomen, kram perut, penurunan nafsu makan, dan bahkan demam.

Adapun, diare yang terus berlanjut juga bisa berkontribusi pada malnutrisi atau kekurangan gizi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penyerapan nutrisi oleh usus besar saat terjadi diare. Untuk itu, infeksi bakteri di usus besar yang tidak ditangani dengan tepat dan segera dapat memengaruhi status gizi dan kesehatan secara umum.

Berdasarkan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa infeksi bakteri di usus besar yang mengganggu proses penyerapan air dan mengakibatkan feses lebih cair, atau sering dikenal sebagai diare, dapat berujung pada berbagai gangguan, mulai dari dehidrasi, penurunan berat badan, peradangan di usus, hingga malnutrisi. Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang tepat dan segera untuk menghindari dan menyembuhkan beragam gangguan kesehatan tersebut.

  • Share