Minyak goreng dan air adalah dua zat yang sangat umum dan sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, apakah Anda pernah mencoba mencampurkan keduanya dan mengamati apa yang terjadi? Mengapa saat minyak dituangkan ke dalam air, minyakan tetap berada di atas dan tidak mencampur dengan air? Jawabannya terletak pada perbedaan massa jenis antara dua zat tersebut.

Lapisan Minyak di Atas Air

Ketika minyak goreng dituangkan ke dalam air yang massa jenisnya lebih besar, minyak akan melayang di atas permukaan air. Hal ini karena massa jenis minyak lebih rendah dibandingkan dengan massa jenis air. Dalam ilmu fisika, prinsip Archimedes menyebutkan bahwa benda yang massa jenisnya lebih rendah akan mengambang di atas benda dengan massa jenis yang lebih besar.

Baca Artikel Lainnya  Suatu Kegiatan untuk Memperkenalkan Suatu Produk, Baik Barang Ataupun Jasa kepada Masyarakat untuk Mengenali, Membeli, Hingga Mengonsumsi atau Menggunakan Produk Tersebut, Disebut…?

Konsep Massa Jenis

Massa jenis adalah ukuran berat suatu materi per satuan volume. Itulah sebabnya meskipun volume air dan minyak bisa sama, beratnya akan berbeda karena massa jenisnya berbeda. Minyak goreng memiliki massa jenis sekitar 0.92 g/cm^3 sedangkan air memiliki massa jenis sekitar 1 g/cm^3. Selisih ini, meski terlihat kecil, cukup untuk membuat minyak goreng melayang di atas air.

Baca Artikel Lainnya  Tuliskan Tiga Sikap yang Harus Dilakukan Agar Keberagaman Dapat Menjadi Perekat Persatuan

Dampak Polaritas Molekul

Selain massa jenis, konsep polaritas molekul juga berperan dalam fenomena ini. Air adalah molekul polar, yang berarti ia memiliki kutub positif dan kutub negatif. Sementara itu, minyak adalah molekul non-polar, yang berarti tidak memiliki kutub. Molekul air lebih suka berinteraksi dengan molekul air lainnya, dan molekul minyak lebih suka berinteraksi dengan molekul minyak lainnya. Ini dikenal sebagai “like dissolves like.” Oleh karena itu, air dan minyak tidak dapat mencampur.

Baca Artikel Lainnya  Dalam Penelitian, Ada Sebuah Dugaan yang Belum Tentu Kebenarannya dan Kesalahannya. Hal Demikian Disebut Apa?

Kesimpulan

Jadi, jika minyak goreng dituangkan ke dalam air yang massa jenisnya lebih besar, minyak goreng akan berada di atas air. Hal ini disebabkan oleh perbedaan massa jenis antara air dan minyak goreng dan fenomena polaritas molekul. Walaupun mereka berada dalam wadah yang sama, mereka tetap tidak akan pernah benar-benar mencampur. Fenomena ini memberikan ilustrasi yang bagus tentang prinsip-prinsip dasar fisika dan kimia dalam aksi.