Atom adalah blok pembangun dasar dari segala jenis materi. Mereka menentukan sifat fisik dan kimia dari elemen dan senyawa. Dalam kasus ini, kita akan membahas tentang atom 11Na (Natrium) dan atom 16S (Sulfur) dan jenis ikatan dan rumus kimia senyawa yang dihasilkan ketika keduanya berikatan.

Jenis Ikatan

Ikatan yang terbentuk antara atom 11Na dan 16S adalah ikatan ionik. Ikatan ini terjadi ketika satu atau lebih elektron transfer dari satu atom ke atom lain. Atom yang kehilangan elektron menjadi ion positif, sedangkan atom yang menerima elektron menjadi ion negatif. Kedua ion ini kemudian saling menarik satu sama lain, menciptakan ikatan ionik.

Baca Artikel Lainnya  Menghitung Total Pilihan Rute Penerbangan dari Surabaya ke Eropa Melalui Arab Saudi dengan Tidak Menggunakan Rute yang Sama

Dalam hal ini, atom natrium (Na) mempunyai satu elektron di lapisan terluarnya dan atom sulfur (S) mempunyai enam elektron di lapisan terluarnya. Oleh karena itu, Na ingin memberikan elektronnya dan S ingin menerima elektron tersebut. Akibatnya, Na menjadi ion positif (Na+) dan S menjadi ion negatif (S²-), menciptakan ikatan ionik antara keduanya.

Baca Artikel Lainnya  Untuk Memindahkan atau Menyalin Worksheet, Menu yang Harus Dipilih Setelah Klik Kanan Pada Tab Sheet Adalah

Rumus Kimia Senyawa yang dihasilkan

Rumus kimia dari senyawa yang dibentuk oleh atom Na dan atom S adalah Na2S. Ini karena atom Na perlu memberikan satu elektronnya ke S, dan karena S memerlukan dua elektron untuk mencapai kestabilan (lapisan terluarnya mempunyai delapan elektron), dibutuhkan dua atom Na untuk satu atom S.

Jadi, jika atom 11Na berikatan dengan atom 16S, ikatannya adalah ikatan ionik dan rumus kimia senyawa yang dihasilkan adalah Na2S.

Baca Artikel Lainnya  Berikut ini yang Bukan Menjadi Sasaran yang Ingin Dicapai Pemerintah Melalui Gunting