Sejarah Indonesia yang pernah berada di bawah penjajahan Belanda selama lebih dari 350 tahun tentunya menyisakan banyak cerita, khususnya terkait peran serta tokoh-tokoh sentral dalam menjalankan roda pemerintahan dan penjajahan waktu itu. Salah satu tokoh penting dan berpengaruh kuat dalam sejarah kolonialisme Belanda di Indonesia adalah Gubernur Jenderal VOC, Jan Pieterszoon Coen.

Jan Pieterszoon Coen sebagai Peletak Dasar Kebijakan VOC di Indonesia

Jan Pieterszoon Coen merupakan tokoh yang sangat berpengaruh dalam sejarah penjajahan Belanda di Indonesia, dan sering disebut sebagai “Pendiri Batavia” dan “Peletak dasar kebijakan VOC”. Ia dianggap sebagai peletak dasar penjajahan dan kebijakan oleh VOC Belanda di Indonesia karena beberapa alasan:

  1. Pendiri Batavia: Coen adalah tokoh yang memainkan peran penting dalam pendirian Batavia (sekarang Jakarta) pada tahun 1619. Batavia menjadi pusat VOC di Asia dan menjadi titik penting dalam struktur penjajahan Belanda di wilayah nusantara.
  2. Kebijakan Ekonomi: Coen menegakkan politik monopoli dagang VOC dengan keras. Di bawah kebijakan ini, VOC berhak memiliki hak eksklusif untuk perdagangan berbagai komoditas penting di wilayah mereka, termasuk rempah-rempah dari Maluku.
  3. Militer: Coen terkenal dengan pendekatan militaristiknya dalam menjalankan VOC. Dia tidak segan-segan menggunakan kekerasan untuk mempertahankan atau memperluas wilayah pengaruh VOC, seperti yang dapat dilihat dari insiden pembantaian di Banda.
Baca Artikel Lainnya  Seorang Suami yang Memaksa Istri untuk Bekerja Melebihi Kemampuannya Merupakan Bentuk Kekerasan

Proses dan kebijakan yang dijalankan oleh Jan Pieterszoon Coen inilah yang kemudian membentuk landasan penjajahan Belanda di Indonesia. Meski sering mendapat kritik atas berbagai kebijakan dan tindakannya, tidak bisa dipungkiri bahwa sosok Coen berperan besar dalam menentukan jalannya sejarah Indonesia selama masa penjajahan VOC dan Belanda.

Kendati demikian, penting juga untuk diketahui bahwa masa penjajahan adalah bagian dari sejarah Indonesia yang pahit, dan banyak peristiwa yang terjadi saat itu berdampak signifikan terhadap pembentukan identitas bangsa dan negara Indonesia saat ini. Selengkapnya, bisa didalami dalam berbagai sumber literatur mengenai sejarah penjajahan Belanda di Indonesia.

Baca Artikel Lainnya  Historiografi Indonesia Modern Dimulai Sejak Diselenggarakannya Seminar Sejarah Nasional di Kota