Pengertian Deret Geometri

Sebelum kita mencari jawabannya, kita perlu tahu dulu apa itu deret geometri. Deret geometri adalah deret yang didapatkan dari perkalian suatu bilangan dengan suku-suku sebelumnya. Dalam deret geometri, perbandingan antara suku yang satu dengan suku sebelumnya tetap.

Bagaimana Menemukan Suku Dalam Deret Geometri?

Untuk menentukan suku dalam deret geometri, kita bisa menggunakan rumus:

Baca Artikel Lainnya  Meniru Bentuk Benda atau Bangunan yang Telah Ada dengan Cara Diperkecil Menggunakan Skala Disebut Apa?

Sn = ar^(n-1)*

dimana:

  • Sn adalah suku ke-n
  • a adalah suku pertama
  • r adalah rasio (perbandingan antara suku yang satu dengan suku sebelumnya)
  • n adalah urutan suku

Dalam konteks pertanyaan ini, jika kita sudah tahu suku kedua (S2) dan suku keenam (S6), kita bisa mencari suku pertama (a) dan rasio (r) dengan cara mencari penyelesaian dari sistem persamaan berikut:

Baca Artikel Lainnya  Tawaf yang Hukumnya Wajib Dilaksanakan oleh Jamaah Haji dan Apabila Tidak Melakukannya Maka Hajinya Tidak Sah Disebut Tawaf

S2 = ar^1* (1)

S6 = ar^5* (2)

Dengan membagi persamaan (2) dengan (1), kita mendapatkan r^4 = S6/S2, atau r = (S6/S2)^(1/4). Kita bisa menemukan a dengan membagi S2 dengan r.

Kesimpulan

Dengan melakukan prosedur ini, kita dapat menemukan suku dalam sebuah deret geometri jika kita tahu suku kedua dan suku keenam. Selanjutnya, kita bisa menjawab pertanyaan seperti “Apa suku ke-n dalam deret ini?” atau pertanyaan lain yang terkait dengan deret geometri.

Baca Artikel Lainnya  Alat Untuk Mengangkut Besi/Rongsokan Logam Menggunakan Jenis Magnet Yang Dibuat Dengan Cara