Demokrasi memberikan hak dan wewenang kepada masyarakat untuk berpartisipasi langsung dalam pengambilan keputusan pemerintahan. Meskipun konsep ini tampaknya sederhana, praktiknya bisa sangat beragam dari satu negara ke negara lain. Ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi bagaimana sebuah negara menerapkan demokrasi. Namun ada beberapa faktor yang tidak mempengaruhi dan itu yang akan kita bahas di sini.

Sejarah dan Budaya

Budaya dan sejarah suatu negara dapat sangat mempengaruhi bagaimana negara tersebut menerapkan sistem demokrasi. Misalnya, negara dengan sejarah feudal mungkin akan memiliki lebih banyak kesulitan dalam menerapkan sistem demokrasi penuh karena struktur hirarkis yang kuat sudah terwujud. Sebaliknya, budaya yang mendukung kerja sama dan konsensus mungkin berkontribusi pada demokrasi yang lebih kuat.

Baca Artikel Lainnya  Buktikan Bahwa Raffles Sangat Memperhatikan Bidang Ilmu Pengetahuan Sejarah dan Budaya di Indonesia

Struktur Pemerintahan

Struktur pemerintahan juga berperan besar. Beberapa negara mungkin memiliki struktur federal di mana kekuatan dipisahkan antara pemerintah pusat dan regional, sementara yang lain mungkin memiliki sistem unitary di mana kekuatan terpusat. Kedua model ini dapat memberikan basis yang berbeda untuk demokrasi.

Faktor Ekonomi

Kekuatan ekonomi suatu negara juga dapat mempengaruhi bagaimana demokrasi bekerja. Negara dengan ekonomi yang kuat cenderung memiliki infrastruktur yang baik dan pendidikan yang memadai, kedua hal ini berkontribusi terhadap partisipasi demokratis yang efektif.

Baca Artikel Lainnya  Jumlah Unit Kompetensi yang Harus Dipahami Calon Peserta Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi Pertama adalah 5 Unit Kompetensi

Faktor Kecuali……

Meski ada berbagai faktor yang mempengaruhi bagaimana suatu negara menerapkan demokrasi, ada beberapa faktor yang melonjak. Misalnya, makanan tradisional suatu negara. Meskipun makanan merupakan bagian penting dari identitas budaya suatu negara, tidak ada hubungan langsung antara apa yang orang makan dan bagaimana mereka memilih untuk mengatur pemerintahan mereka. Dengan kata lain, jenis makanan tradisional suatu negara tidak mempengaruhi jenis demokrasi yang mereka pilih atau cara mereka menerapkannya.

Baca Artikel Lainnya  Pembangunan Berkelanjutan: Prinsip Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Memperhatikan Kepentingan Generasi Mendatang dan Contoh Tindakan yang Sesuai

Demikian, keragaman demokrasi di berbagai belahan dunia merupakan hasil dari berbagai faktor unik masing-masing negara tentunya dengan beberapa pengecualian seperti yang telah disebutkan di atas. Meski bagaimanapun, kita semua harus berpegang pada prinsip dasar demokrasi itu sendiri, yaitu adanya keadilan dan kesetaraan bagi semua warga negara.