Dalam konteks anatomi dan fisiologi manusia, jantung adalah organ yang sangat penting dan memiliki peran utama dalam sistem sirkulasi tubuh. Jantung memiliki empat ruang, yaitu dua atrium (bilik atas) dan dua ventrikel (bilik bawah). Seluruh darah dari tubuh pertama kali masuk ke jantung di ruang atrium kanan.

Ruang-ruang Dalam Jantung

Jantung memiliki empat ruang. Dua di bagian atas disebut atrium, dengan satu atrium kanan dan satu atrium kiri. Dua ruangan lainnya di bagian bawah disebut ventrikel, juga dibagi menjadi ventrikel kanan dan ventrikel kiri.

Baca Artikel Lainnya  Ikan Hias yang Dibudidayakan Sebagai Ternak Kesayangan Dikembangkan Berdasarkan Pada

Darahan yang diterima jantung pertama kali berisi oksigen yang rendah, atau disebut darah tidak beroksigen, dan akan masuk melalui vena-vena besar yang disebut vena kava superior dan inferior menuju atrium kanan.

Langkah-langkah Sirkulasi Darah

Berikut ini adalah langkah-langkah umum dari sirkulasi darah dalam tubuh manusia:

  1. Darah tidak beroksigen dari seluruh tubuh bergerak kotak nomor 11 (Vena Kava Inferior) dan kotak nomor 12 (Vena Kava Superior) menuju atrium kanan (kotak nomor 13).
  2. Darah ini kemudian mengalir melalui katup trikuspidal (kotak nomor 10) masuk ke ventrikel kanan (kotak nomor 7).
  3. Ventrikel kanan mendorong darah melalui katup pulmonal (kotak nomor 6) ke arteri pulmonal (kotak nomor 5), yang membawa darah kepada paru-paru untuk mendapatkan oksigen.
  4. Setelah mendapatkan oksigen, darah kembali ke jantung melalui vena pulmonal dan memasuki atrium kiri (kotak nomor 4).
  5. Darah ini kemudian bergerak melalui katup mitral (kotak nomor 3) dan memasuki ventrikel kiri (kotak nomor 2), yang merupakan bilik pendorong yang paling kuat dan akan memompa darah kembali ke seluruh tubuh melalui aorta (kotak nomor 1).
Baca Artikel Lainnya  Allahumma Ya Ghoni Ya Mughni Aghnini Bila Sababin Fainnaka Ala Kulli Syai-in Qadir

Jantung manusia adalah organ yang luar biasa yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Mengetahui bagaimana darah bergerak melalui jantung dapat membantu pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana sistem sirkulasi bekerja dan bagaimana gangguan tertentu dapat mempengaruhi fungsi ini.