Delegasi sekolah adalah tim yang mencakup siswa-siswa pilihan yang dapat mewakili sekolah mereka dalam berbagai kegiatan atau lomba. Kemampuan untuk memimpin dan mendapatkan hasil terbaik dalam semua situasi adalah kualitas yang diperlukan oleh setiap anggota tim. Dalam konteks ini, kita akan membahas mengenai banyaknya kemungkinan susunan pimpinan delegasi di suatu sekolah yang terdiri dari 4 anak kelas X, 5 anak kelas XI, dan 6 anak kelas XII.

Baca Artikel Lainnya  Suatu Peristiwa yang telah Ditetapkan Hukum Berdasarkan Nash dalam Rukun Qiyas lazim Disebut dengan Istilah Apa?

Posisi dan Batasan dalam Tim Delegasi

Dalam tim delegasi, ada tiga posisi penting, yaitu ketua, wakil ketua, dan sekretaris. Ada satu batasan yang harus dipahami, yaitu bahwa kelas asal ketua harus lebih tinggi dari kelas asal wakil dan sekretaris.

Penghitungan Kemungkinan

Menghitung banyaknya kombinasi dapat dilakukan dengan rumus matematika kombinasi. Pada situasi ini, kita membutuhkan kombinasi dari 6 siswa kelas XII untuk posisi ketua, kombinasi dari total siswa kelas X dan XI untuk posisi wakil ketua dan sekretaris.

Baca Artikel Lainnya  Berikut Ini Yang Menjadi Dasar Hukum Bela Negara Menurut UUD 1945 Pasal 30 Ayat 1 adalah

Mari kita mulai penghitungan:

1. Pemilihan Ketua

Untuk pemilihan Ketua, karena harus dipilih dari kelas XII dan ada 6 siswa, maka banyak kemungkinan adalah 6.

2. Pemilihan Wakil Ketua dan Sekretaris

Untuk pemilihan Wakil Ketua dan Sekretaris, karena harus dipilih dari kelas X dan XI dengan total 9 siswa, maka banyak kemungkinan adalah kombinasi dari 9 siswa diambil 2.

Baca Artikel Lainnya  Senjata Tradisional Indonesia Sudah Mulai Terkenal di Tingkat Internasional: Tampak dalam Film Hollywood John Wick Chapter 3

Jadi, banyaknya kemungkinan susunan pimpinan delegasi adalah hasil kali dari kedua kemungkinan tersebut.

Hasil

Dengan demikian, rumus untuk menghitung banyaknya kemungkinan susunan pimpinan delegasi adalah:

6 x C(9,2)

Dengan C menunjukkan kombinasi, hasilnya akan memberikan total kemungkinan susunan pimpinan delegasi.