Permasalahan sosial merupakan isu-isu yang muncul dalam masyarakat dan berdampak pada sebagian besar atau seluruh anggota masyarakat tersebut. Identifikasi dan analisis permasalahan sosial membutuhkan pemahaman yang kuat tentang nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kriteria penting yang harus dipertimbangkan dalam menentukan permasalahan sosial.

1. Keterlibatan Komunal

Untuk menentukan apakah sesuatu merupakan permasalahan sosial, kita perlu memeriksa sejauh mana isu tersebut mempengaruhi atau melibatkan masyarakat secara keseluruhan. Permasalahan sosial seringkali mempengaruhi sejumlah besar individu dan bukan hanya kasus atau situasi individu.

Baca Artikel Lainnya  Berbahagialah Orang yang Tidak Melihat Namun Percaya

2. Ketidaksesuaian dengan Nilai dan Norma Masyarakat

Permasalahan sosial biasanya datang dalam bentuk apapun yang bertentangan dengan nilai dan norma yang telah diterima oleh masyarakat. Nilai adalah apa yang dianggap penting dan berharga oleh masyarakat, sedangkan norma adalah aturan-aturan dan harapan tentang bagaimana anggota masyarakat harus bertindak. Jika suatu isu atau situasi mengancam atau merusak nilai dan norma ini, maka bisa dipandang sebagai permasalahan sosial.

Baca Artikel Lainnya  Teknik Hindaran yang Dilakukan dengan Memindahkan Salah Satu Kaki ke Belakang atau ke Samping untuk Mengubah Posisi Tubuh dalam Pencak Silat Disebut

3. Imbas yang Dinamis

Sebuah permasalahan dianggap sebagai permasalahan sosial jika dampaknya melampaui individu atau keluarga. Artinya, permasalahan sosial memiliki efek domino yang dapat mempengaruhi berbagai level dan sektor masyarakat.

4. Kebutuhan Aksi Sosial

Permasalahan sosial memerlukan intervensi aktif dari masyarakat untuk diyakinkan bahwa perubahan yang positif dapat dicapai. Inilah sebabnya mengapa aksi sosial dan kebijakan publik seringkali menjadi pusat analisis dalam menentukan dan mencoba memecahkan permasalahan sosial.

Baca Artikel Lainnya  Banyak Barang Produksi Saat Ini Berlogo Ekolabel. Pencantuman Logo Tersebut Menunjukkan?

5. Sifat Urgensi

Sebuah isu dapat dianggap sebagai permasalahan sosial jika ia memiliki tingkat urgensi yang tinggi dan membutuhkan penanganan segera untuk mencegah kerusakan lebih lanjut bagi masyarakat.

Dalam melakukan analisis permasalahan sosial, penting untuk mempertimbangkan semua kriteria ini. Dengan melakukan ini, kita akan lebih mampu mengidentifikasi dan mencari solusi yang efektif untuk permasalahan sosial.