Pergantian musim di Bumi adalah suatu fenomena alamiah yang terjadi akibat rotasi dan revolusi Bumi. Belahan Bumi Utara dan Belahan Bumi Selatan mengalami pergantian musim secara bergantian dikarenakan oleh pengaruh dari kemiringan sumbu Bumi.

Kemiringan Sumbu Bumi

Sumbu bumi adalah garis bayangan yang melewati pusat Bumi dari kutub utara ke kutub selatan. Sumbu ini mengalami kemiringan sebesar sekitar 23.5 derajat relatif terhadap bidang ekliptikanya (dapat berfluktuasi antara 22.1 dan 24.5 derajat dalam siklus 41,000 tahun). Kemiringan ini adalah penyebab utama dari perbedaan musim di Bumi.

Baca Artikel Lainnya  Teks Editorial Sering Menggunakan Kalimat Retoris. Yang Dimaksud Kalimat Retoris adalah

Pengaruh Kemiringan Sumbu Bumi terhadap Musim

Kemiringan sumbu Bumi mempengaruhi penerimaan sinar matahari oleh permukaan Bumi. Karena kemiringan ini, sinar matahari yang tiba di Bumi tidak selalu menyinari permukaan Bumi dengan sudut yang sama.

Saat Bumi berada pada bagian orbitnya di mana belahan Bumi Utara menghadap matahari (sekitar Juni), wilayah tersebut mengalami musim panas karena sinar matahari tiba dengan intensitas yang lebih tinggi dan sudut insidennya lebih tegak. Di lain pihak, belahan bumi selatan, yang berada di bagian Bumi yang tidak menghadap matahari, mengalami musim dingin karena sinar matahari tiba dengan intensitas yang lebih rendah dan sudut insiden yang lebih miring.

Baca Artikel Lainnya  Benda Pemuas Kebutuhan yang Jumlahnya Terbatas serta untuk Mendapatkannya Diperlukan Pengorbanan Disebut Benda…

Sebaliknya, ketika Bumi berada pada posisi di orbitnya di mana belahan Bumi Selatan menghadap matahari (sekitar Desember), musim panas terjadi di belahan Bumi Selatan dan musim dingin di belahan bumi utara.

Oleh karena itu, belahan Bumi Utara dan Selatan mengalami pergantian musim secara bergantian, disebabkan oleh kemiringan sumbu Bumi dan posisinya dalam orbit mengelilingi matahari.

Baca Artikel Lainnya  Pak Raden Membagikan Uang kepada 45 Anak. Masing-masing Anak mendapat Rp 4.000,00. Jika Uang itu Dibagikan kepada 60 Anak, maka Uang yang Diterima Masing-masing Anak adalah…?

Ringkasan

Secara umum, pergantian musim secara bergantian antara belahan Bumi Utara dan Selatan terjadi akibat pengaruh dari kemiringan sumbu Bumi dan revolusi Bumi mengelilingi matahari. Dengan adanya fenomena alam ini, kehidupan di Bumi dapat terjaga dan memberikan beragam keadaan cuaca yang dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pertanian dan ekologi.